Friday, September 4, 2015

Nasihat Imam Syafi'i Kepada Para Penuntut Ilmu

Yuk moms n kids, kita baca dan resapi bener2 nasihat Imam Syafi'i ini, supaya lebih bersemangat menuntut ilmu setiap saat setiap waktu dari buaian hingga liang lahat. Dan semoga Allah memberkahi usaha kita. Aamiinn..

"Aku melihat pemilik ilmu hidupnya MULIA walau ia dilahirkan dari orangtua terhina. Ia terus menerus terangkat hingga DERAJAT TERTINGGI dan mulia. Umat manusia mengikutinya dlm setiap keadaan laksana penggembala kambing ke sana-sini diikuti hewan piaraan. Jikalau tanpa ilmu,umat manusia tidak akan merasa bahagia dan tidak MENGENAL HALAL dan HARAM."

"Di antara keutamaan ilmu kepada penuntutnya adalah semua umat manusia dijadikan sebagai pelayannya. WAJIB menjaga ilmu laksana orang menjaga harga diri dan kehormatannya. Siapa yg mengemban ilmu kemudian ia titipkan kpd orang yg bukan ahlinya krn kebodohannya,maka ia akan mendzoliminya."

"Wahai saudaraku, ilmu tdk akan diraih kecuali dg 6 SYARAT,dan akan aku ceritakan perinciannya di bawah ini: Cerdik, Perhatian, Sungguh- sungguh, Bekal, Dengan bimbingan guru, dan Panjangnya masa. BerSABARlah terhadap DISIPLINnya sikap guru. Sesungguhnya gagalnya mempelajari ilmu karena memusuhinya. Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walaupun sebentar,ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. Dan barangsiapa ketinggalan belajar di masa mudanya,maka bertakbirlah untuknya 4x karena kematiannya. Demi Allah,hakekat seorang pemuda adalah dengan ilmu dan taqwa. Bila keduanya tdk ada maka tdk ada anggapan baginya."

Diambil dari Majalah Anas edisi 46 (Mei 2015) hlm. 5.

No comments:

Post a Comment